Job Hunting

News Update :

Cara Membuat Surat Lamaran Lewat Email

Rabu, 16 April 2014

Beberapa perusahaan mensyaratkan surat lamaran dikirim lewat email. Mengirim surat lamaran kerjalewat email adalah suatu yang sangat bermanfaat bagi banyak pihak :

-         Bagi perusahaan lebih mudah dan praktis dalam melakukan seleksi dan penyimpanan surat masuk (pengarsipan).
-         Bagi pelamar lebih praktis, hemat dan mudah juga untuk pengarsipan.
-         Bagi alam lebih ramah karena tidak menggunakan kertas yang menggunakan bahan pohon yang ditebang.

Namun ada beberapa pencari kerja masih belum terbiasa menggunakan email untuk mengirim lamaran. 


1.     Gunakan akun email yang menggunakan nama Anda sebagai alamat email.
Bila hanya memiliki akun email yang dibikin saat masih SMP dulu biasanya alamat email Anda bernuansa alay. Sebaiknya Anda membuat email baru yang mengesankan profesinalitas. Gunakan nama lengkap Anda sebagai alamat email. Bila nama Anda terlalu panjang, gunakan nama awal dan akhir saja.
Contoh : sekarkusuma@gmail.com (nama lengkap : Sekar Puspa Flower Kusuma), atau sekar.kusuma@gmail.com

2.     Siapkan dokumen-dokumen yang akan Anda kirim.
Siapkan resume, curriculum vitae, cover letter dalam format PDF. Mengapa harus menggunakan format PDF? Bagaimana caranya membuat format PDF? Silakan baca di sini.

3.     Tuliskan subjek email.
Subjek email harus Anda tuliskan, karena tanpa subjek email Anda akan dianggap email sampah (junk mail). Biasanya pada informasi lowongan kerja Anda diminta menuliskan kode tertentu dan nama Anda di subjek email sesuai posisi lowongan kerja yang Anda minati. Bila tidak ada perintah dari informasi lowongan kerja, tuliskan saja posisi yang Anda minati dan nama Anda.
Pastikan subjek email Anda isi sebelum menulis di badan email agar tidak terlupa.

4.     Tuliskan surat pengantar (cover letter) atau surat lamaran Anda.
Tuliskan surat lamaran Anda di badan email. Bagaimana cara menulisnya bisa Anda baca di sini.
Kadang Anda juga diminta melampirkan surat lamaran dalam bentuk dokumen.

5.     Tambahkan tanda tangan.
Tanda tangan dalam email atau email signature bukanlah tanda tangan coretan tangan Anda, tapi cukup nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon yang Anda tulis di paling bawah badan email.

6.     Lampirkan file dokumen-dokumen Anda.
Lampirkan file dokumen resume atau CV Anda, dan surat lamaran yang sudah Anda siapkan.
Klik tombol ‘sisipkan file’ atau ‘attach file’ kemudian pilih file-file dokumen yang sudah Anda simpan di hard disk computer.

7.     Kirimkan email.
Sebelum Anda klik tombol kirim periksa lagi email Anda :
a.     Alamat tujuan
b.     Subjek email
c.      Badan email
d.     File-file lampiran
e.     Periksa dengan seksama, hindarikesalahan tulisan sehingga terkesan tidak professional.

Sebaiknya kirimkan juga email Anda ini kepada diri sendiri sebagai arsip  dengan menggunakan fasilitas BCC pada alamat tujuan.

Gambar dari http://www.all-free-download.com
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Job Hunting Center 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.